Langsung ke konten utama

DESAIN PEMODELAN GRAFIS

I.                  PENGERTIAN DESAIN PEMODELAN GRAFIS

Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Kemudian, kata “desain” dapat digunakan sebagai kata benda maupun kata kerja. Dalam artian yang lebih luas, desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang berintegrasi dengan teknologi. Desain dikenakan pada bentuk sebuah rencana, dalam hal ini dapat berupa proposal, gambar, model, maupun deskripsi. Jadi dapat dikatan, desain merupakan sebuah konsep tentang sesuatu. Desain lahir dari penerjemahan kepentingan, keperluan, data maupun jawaban atas sebuah masalah dengan metode-metode yang dianggap komprehensif, baik itu riset, brainstorming, pemikiran maupun memodifikasi desain yang sudah ada sebelumnya.
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapn dan perwujudan dalam bentuk huruf,simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Dari ketiga pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa desain pemodelan grafis adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi model dan citra.
Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Pemodelan adalah proses   membentuk suatu obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan  obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer.  Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3  dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi  (3D modelling) (Nalwan, 1998).


II.               UNSUR-UNSUR DAN PRINSIP-PRINSIP DESAIN PEMODELAN GRAFIS
Desain pemodelan grafis memiliki unsur-unsur serta prinsip-prinsip tersendiri yaitu :
·        Unsur-unsur
o    Garis (Line)
 Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
o    Bentuk (Shape)
                    Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
o    Huruf (Character) : Untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.
o    Simbol (Symbol) : Untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gambar orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).
o    Bentuk Nyata (Form) : Untuk membentuk kondisi fisik yang mencerminkan dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda lainnya.
o    Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
o   Ruang (Space)
 Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya.
o   Ukuran (Size)
               Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
o   Warna(Color)
  Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa   menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.

·        Prinsip-prinsip
o   Kesederhanaan
  Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.
o   Keseimbangan
  Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan  dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal.
o   Kesatuan
 Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.
o   Penekanan(aksentuasi)
 Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat  dan membaca bagian desain yang dimaksud.
o   Irama(repetisi)
  Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.


III.            PERKEMBANGAN DESAIN PEMODELAN DESAIN GRAFIS DARI BERBAGAI MEDIA

Pada awalnya media desain grafis hanya terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi). Namun, perkembangannya semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). Desain grafik juga diterpkan dalam media elektronik yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafik bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang. Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang (desainer) untuk melihat efek dari layout atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.

IV.           PENGARUH KEBUDAYAAN DAN TEKNOLOGI DALAM MEMBUAT DESAIN PEMODELAN GRAFIS
Dalam membuat desain pemodelan grafis, tentunya ada unsur-unsur yang berpengaruh dan sangat membantu desainer dalam membuat sebuah model grafik. Diantara banyak unsur, ada dua unsur yang sangat berpengaruh, yaitu, kebudayaan dan teknologi.
 Keberadaan desain pemodelan grafis sangatlah dipengaruhi oleh budaya dan teknologi yang berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah ide, banyak sekali ide yang dihasilkan untuk desain grafis berasal dari budaya yang ada di lingkungan sekitar. Tak sedikit pula budaya Indonesia digunakan sebagai desain grafis, contohnya adalah kerajinan kain daerah seperti batik dan tenun, keramik, gerabah, dan masih banyak lainnya.
                Kerajinan tradisional daerah merupakan warisan turun-temurun dari nenek moyang yang sangat indah untuk dijadikan sumber pemikiran kreatif dalam melakukan pembuatan desain grafis. Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka semakin mudah bagi generasi muda saat ini untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang relatif singkat dan banyak desain yang akan dihasilkan, sehingga akan lebih efisien dalam waktu dan segalanya.
     Pengaruh lain dari budaya dan teknologi dalam desain pemodelan grafis adalah periklanan. Pemilih iklan harus mengetahui peran yang dimainkan oleh budaya, subbudaya, dan kelas sosial pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan, dan perilaku yang dipelajari oleh seseorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
     Setiap budaya terdiri dari subbudaya lainnya yang lebih kecil dan memberikan indentifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Subbudaya dapat dibedakan menjadi kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, dan area geografis. Sehingga subbudaya membentuk segmen pasar yang penting dan pemasar sering kali diharuskan merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGARUH ERA DIGITAL TERHADAP DIRI SENDIRI

 Pada zaman  yang sudah serba digital ini,   teknologi sudah menjadi sesuatu hal yang membawa perubahan paling besar di dunia. Hampir setiap orang saat ini telah memakai kemajuan teknologi. Orang saat ini menjadi lebih kecenderungan bergantung dengan adanya teknologi. Seiring dengan kemajuan teknologi yang terus berlangsung, manusia pun semakin dibawa kedalam perubahan-perubahan baru setiap harinya. Kemajuan teknologi tidak menjadikan waktu sebagai sebuah batas, dalam kehidupan interaksi manusia. Kapan saja dan dimana saja, saat ini manusia dapat berkomunikasi satu sama lain. Kehadiran teknologi inilah yang membuat kehidupan manusia semakin mudah, dan membentuk gaya hidup digital. Tidak hanya dari segi komunikasi saja, segi kebutuhan manusia lainnya terhadap kehidupan sehari-hari juga sudah mulai terpenuhi. Teknologi memang diciptakan untuk membuat manusia menjadi lebih mudah dalam melakukan kegiatannya sehari-hari.         ...

Resume Seminar

Untuk memenuhi tugas softskill saya di arahkan untuk mengikuti 2 kegiatan seminar. Ke 2 seminar yang saya ikuti di selenggarakan oleh BEM FTI Gunadarma. 1. "Empowering Professional Young Enginner to Dedicate for Our Nation Be Innovative, Be Creative , and Be Inspiring". Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 April 2016 di kampus depok Gunadarma. Pada sesi kali ini terdapat 1 pembicara yaitu bapak Ir. H, MM (Chairman Persatuan Insinyur Professional Indonesia)  sertifikat   Pada kuliah umum yang dibawakan oleh bapak Ir.H. Raswari, MM, beliau adalah chairman dari persatuan Insinyur Professional indonesia atau yang biasa di singkat PIPI. Pada kuliah umum yang bertajuk “Empowering Professional Young Engineer to Dedicate for Our Nation : Be Innovative, Be Creative, and Be Inspiring” ini di persembahkan oleh BEM FTI gunadarma yang dilaksanakan di kampus gunadarma. Kuliah umum yang dilaksanakan pada tanggal 21 April 2016 ini mengusung tema “Empowering Professional You...

NATURALISASI

Naturalisasi?? Mungkin kata “naturalisasi” sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kita telah banyak mendengar tentang naturalisasi contohnya adalah pemain-pemain sepakbola di indonesia. Banyak sekalai pemain-pemain sepakbola di indonesia yang berasal dari luar negeri atau berasal dari negara lain yang ingin bermain di indonesia. Nah, mereka-mereka itu salah satu contoh Naturalisasi. Mereka-mereka di sebut sebagai pemain naturalisasi. Pasti kita juga pernah bertanya-tanya dan penasaran Sebenarnya apasih naturalisasi ituu?? apakah ada syaratnya atau tidak?? Jika ada, apasih syaratnya?? Apakah ada UUD yang mengatur tentang naturalisasi?? dan masih banyak lagi pertanyaan mengenai naturalisasi. Nah, disini saya akan membahas mengenai “Naturalisasi”. Pertama mari kita ketahui terlebih dahulu pengertian naturalisasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Naturalisasi adalah pemerolehan kewarganegaraan bagi penduduk asing; hal menjadikan warga negara; pewarganegaraan yg diperoleh setelah ...